Site Meter

SELAMAT DATANG

Jumat, 22 Februari 2008

Respon Keyboard terlalu cepat

Sering kali kita merasakan bahwa keyboard yang dipergunakan terlalu peka atau terlalu cepat merespon penekanan tombol, sehingga tombol yang ditekan akan menghasilkan cetakan rangkap (berulang). Sebagai contoh, pada saat penekanan tombol a, dengan sekali sentuh untuk mengetik a ternyata yang terketik atau yang tercetak aaa bahkan aaaaa. Dengan adanya kejadian seperti ini, harus sering menggunakan tombol backspace untuk menghapus kelebihan huruf yang tidak semestinya.
Masalah ini sering timbul karena keyboard sudah lemah atau kotor pada tombol- tombolnya, sehingga pada saat tombol tertekan, tombol tidak langsung kembali seperti semula. Akibatnya penekanan tombol ini akan terbaca sebagai penekanan tombol beberapa kali. Jika permasalahannya adalah kotor, Anda dapat mencoba untuk membersihkan bagian dalam keyboard tersebut. Jika masalahnya adalah lemah tombolnya, Anda dapat mengganti tombol tersebut. Meskipun demikian, pada keyboard- keybard jenis baru tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, karena keyboard dibuat dengan menggunakan sebuah lembaran plastic yang dilapisi dengan karbon sebaga penghantar.
Hal lain yang mungkin menjadi penyebab masalah ini adalah, karena setup typematic rate pada BIOS. Dengan periode waktu yang semakin pendek pada typematic rate ini akan menyebabkan periode pembacaan respon dari keyboard menjadi lebih sering (periode waktiu yang pendek). Jika keyboard tertekan agak lama(melebihi jarak waktu pada typematic rate) maka computer akan membacanya sebagai penekanan tombol beberapa kali. Untuk mengatasi hal ini ubah setting pada Setup BIOS dengan typematic rate yang lebih panjang, atau set ke defaultnya
.

1 komentar:

tanaman obat mengatakan...

good job boss