Site Meter

SELAMAT DATANG

Kamis, 21 Februari 2008

Troubleshooting Keyboard (3)

Beberapa tombol tidak berfungsi

Penyebab 1
Kemungkinan kerusakan keybard tersebut disebabkan oleh debu yang menempel pada jalul penekanan karakter. Hal inilah yang dapat menyebabkan tombol keyboard tersebut tidak berfungsi.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah kerusakan diatas, yaitu dengan membuka semua baut pengunci yang terdapat dibawah papan bidai, dan pastikan tidak ada yang tertinggal maupun yang h ilang didalam papan bidai ini(keyboard), jalur penekanan karakter tersebut terbuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB sebagai bahan dasar. Lembaran tipis ini ada 3 buah, satu PCB atas dan yang ditengah sebagai isolator, agar antara PCB atas dan bawah tidak bersentuhan. Bersihkan PCB tersebut dengan tissue yang diberi alcohol hingga merata pada seluruh permukaan. Setelah selesai pasang kembali seperti semula.

Penyebab 2
Kemungkan yang lain, jika tombol keyboard ada yang tidak berfungsi adalah jalur penghubung antara tombol satu ke tombol yang lain ada yang terputus atau socketnya ada yang longgar. Jika hal ini terjadi kemungkinan besar Anda berpikir keyboard tidak dapat dipakai lagi.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah kerusakan diatas, yaitu dengan mengukur terlebih dahulu jalur PCB pada tombol yang tidak jalan dengan menggunakan AVO meter, dan temukan dimana letak yang putus. Untuk menghubungkan jalur tersebut gunakan tinta emas, ataupun yang lainnya yang bersifat logam. Goreskan/ oleskan pada jalur yang putus tersebut hingga dapat terhubung kembali dan tunggu hingga kering. Setelah tinta mongering pasang kembali keyboard seperti semula. Anda dapat mengganti tinta emas tersebut dengan menggunakan sebuah pensil khusus, yaitu pensil yang digunakan untuk komputer.